Thursday 2 October 2014

Selamat Jalan Mutiara yang Terpendam


Tidak bisa dipungkiri, Surabaya telah menghiasi kanvas kehidupanku dengan corak warnanya yang beragam. Lima puluh satu bulan berada di kota tersebut membuatku rindu akan kenangan yang kini hanya menjadi cerita tak berkata. Rasanya ingin sekali me'monumen'kan setiap detik dari empat tahun lebih tiga bulan itu, juga setiap jengkal dari ribuan langkah yang telah kaki ini tempuh. Namun, apalah arti semua itu bila hidupku masih saja tak bermanfaat bagi kehidupan.

Pada kesempatan nganggur di tengah-tengah kesibukan malam ini, melihat sepintas foto beliau yang diupload di group pondok membuat tanganku tak sanggup menolak untuk memonumenkan sosok Abah Yai yang pernah dengan segala teladannya mendidik lakuku.

Darussalam.. Adalah pondok kecil di salah satu sudut kota pahlawan, di pinggiran desa yang bernama Keputih, di belakang kampus besar yang bernama ITS. Pondok sederhana yang menjadi tempatku menghabiskan semester 3 sampai semester 6 kuliahku. Tidak banyak yang tahu memang. Pondok ini hanyalah pondok kecil (dulu, entah sekarang) dengan 2 kamar santri, 1 kamar ustadz, 1 ruang ngaji, dan 2 kamar mandi. Letaknya yang berada di dalam, lebih tepatnya di belakang ndalem, tanpa papan nama seperti pondok-pondok kebanyakan, membuat pondok ini semakin tak diketahui orang. Hanya cerita dari mulut ke mulut lah yang membuat keberadaan pondok ini terdeteksi orang.

Beliau lah Al-Maghfur Lah Abah Yai KH. Abdus Syakur bin Ibrahim yang menjadi magnet bagi segelintir orang-orang pilihan yang sempat nyantri di sana. "Orang se-Keputih, orang se-ITS itu pada kemana saja, ada orang seperti Abah Syakur kok dibiarkan saja", kata dosenku waktu itu. Memang, Abah Yai yang begitu itu seperti berlian yang disembunyikan. Tidak memiliki ratusan santri seperti Kyai kebanyakan. Tidak membutuhkan puluhan jama'ah pengajian seperti Kyai pada umumnya. Beliau seperti tidak mau nampak ke permukaan. Apakah seperti beliau ini yang dimaksud Ibnu Athoillah dalam Kitabnya, Al-Hikam, agar kita menanam diri dalam tanah kerendahan?

Memang, kami tidak disediakan jam tersendiri untuk menimba ilmu secara lahir dari beliau. Putra-putri beliau lah yang terjun mendidik kami. Ustadz Marozik, biasa kami sapa dengan panggilan "Ustadz", putra beliau yang menempati kamar di sebelah kamar kami. Ustadz lah yang paling sering berinteraksi dengan keseharian kami. Beliau mengisi ngaji setelah maghrib. Ning Yung,  putri beliau yang paling so sweet, begitu besar perhatiannya pada kami. Mulai dari membangunkan shubuh, ngopyaki piket, mengambilkan makan, beliau lah yang mengurusi tetek mbengek kami. Ning Yung mengisi ngaji setelah shubuh, dengan suaranya yang menggelegar itu :D. Satu lagi Ustadz Sukamto, kami biasa memanggilnya Gus To. Kalau Gus To ini adalah menantu beliau. Hanya seminggu sekali ngaji Nashoihul Ibad, pada malam Rabu setelah Isya'.

Begitulah, bahkan kepada santri-santrinya sendiri Abah Yai tak "muncul ke permukaan". Selama aku di pondok, hanya sekali saja kami diminta ke ndalem untuk ngaji Al-Qur'an di hadapan beliau. Meski hanya sekali tetapi didikan beliau benar-benar tertanam di hati. Tentang makhroj huruf dan tajwid yang pagi itu beliau ajarkan, sampai saat ini masih jelas ucapan beliau di telingaku.

Bukan teori memang yang diajarkan beliau kepada kami, meski tak bisa dipungkiri tidak sedikit pula nasihat yang beliau berikan kepada kami saat sowan ke ndalem .

Uswah Hasanah yang beliau nampakkan kepada santrinya memang lebih tajam daripada teori. Lisanul hal afshohu min lisanil maqol. Bagaimana beliau mengajarkan kesederhanaan, kerendahan hati, keistiqomahan, kesabaran, tawakkal, ikhlas, bertahan dalam arus, dan ah masih banyak lagi yang beliau ajarkan kepada kami.

Mungkin, jika sampeyan bertanya pada santri-santri beliau, "Siapakah orang yang paling menghormati tamunya?", mereka akan menjawab "Abah Yai". Bahkan jika tamu itu adalah kami yang notabene santri-santri beliau. Ya, beliau sendiri lah yang selalu menuangkan minuman ke dalam gelas untuk kami. Beliau sendiri pula lah yang membukakan tutup-tutup toples yang kemudian mengambilkan kami jamuan yang ada, satu per satu. Sehingga berkali-kali pula lah aku menyusun strategi agar puasa ku tidak batal, tanpa menolak pemberian beliau.

Di setiap kesempatan kami sowan ndalem, selalu yang dipilih adalah pagi hari. Kenapa?, agar ada alasan untuk tidak berlama-lama menyita waktu beliau; ngapunten Abah Yai, badhe kuliah. Karena Abah Yai tak pernah mengakhiri menjamu tamu sebelum tamu tersebut yang meminta. Pernah suatu ketika kami sowan ndalem ba'da maghrib, agar terbentur dengan Isya' yang seharusnya Abah Yai menjadi imam di masjid, sehingga harap kami: kami tidak berlama-lama menyita waktu beliau tetapi tanpa alasan yang "mengada-ada". Tanpa kami sangka, Abah Yai tidak memperdulikan jama'ah di masjid hanya karena "tamu-tamu" semacam kami. Duh, beliau benar-benar megajarkan kami tentang menghormati tamu, tentang mementingkan orang lain.

Kini, teladan kami sudah dipanggil-Nya pulang. Tuhan telah merindukan beliau. Hanya kenangan lah yang dapat ku lihat saat ke Surabaya. Hanya makam beliau lah yang dapat ku kunjungi saat ke Keputih.


Selamat jalan Abah Yai. Selamat jalan wahai guruku...
Selamat menikmati kehidupan baru dalam taman surga...
Semoga Allah Selalu menyayangimu, pembimbing ruhku......
Air mata penuh cinta menetes sedih  mengiringi senyumanmu menghadap Tuhanmu, mengiringi perpisahan yang telah ditetapkan....
Engkau rawat kami dengan teladan yg indah. Mohon maaf jika kami tidak tumbuh seindah yg engkau harapkan....
Segala tentangmu akan selalu terkenang...
Beristirahatlah senyaman pengantin..
Semoga Allah memulyakanmu di samping Nabi..
Doa kami selalu, agar engkau selalu disayangiNya...
Selamat jalan wahai Kyaiku....

No comments:

Post a Comment

Bagikan Halaman Ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More